Wednesday, January 23, 2013

Model Komunikasi


Tugas : Beri penjelasan tentang model Komunikasi Lasswell dan model komunikasi interaksi !
 
 A.    Model Komunikasi Lasswell
Model komunikasi Lasswell merupakan ungkapan verbal berikut ini :
  • Who
  • Says What
  • In Which Channel
  • With What Effect
Unsur sumber (who) mengundang pertanyaan mengenai pengendalian pesan. Unsur pesan (says what) merupakan bahan untuk analisis isi. Saluran komunikasi (in which channel) menarik untuk mengkaji mengenai analisis media. Unsur penerima (to whom) banyak digunakan untuk studi analisis khalayak. Unsur pengaruh (with what effect) berhubungan erat dengan kajian mengenai efek pesan pada khalayak. Oleh karena itu, model Lasswell ini banyak diterapkan dalam komunikasi massa.
http://commsciproject.blogspot.com/2012/09/model-komunikasi-lasswell
Komunikasi adalah suatu yang berkaitan dengan siapa yang mengatakan atau mengemukakan apa, dengan saluran komunikasi apa, kepada siapa, dan dengan dampak apa (hasil yang dicapai).
Model ini menjelaskan tentang proses komunikasi dan fungsinya terhadap masyarakat. Lasswell berpendapat bahwa di dalam komunikasi terdapat tiga fungsi. Yang pertama adalah pengawasan lingkungan. Lalu hubungan dari setiap bagian sosial yang terpisah yang memberikan respon kepada lingkungan. Dan yang terakhir adalah transmisi masyarakat dari satu generasi ke generasi lainnya.
Contoh  Model Komunikasi Laswell :
Seorang tenaga kesehatan berbicara mengenai pentingnya cek gula darah sewaktu untuk deteksi dini Diabetes mellitus melalui penyuluhan kesehatan kepada masyarakat dengan pengaruh kepada masyarakat apakah akan melakukan cek gula darah atau tidak. 

A.    Model Komunikasi Interaksi (Wilbur Schramm)
      SOURCE to encode MESSAGE RECEIVER  to decode THE MESSAGE
Model linier berasumsi bahwa seorang hanyalah pengirim atau penerima. Tentu saja hal ini merupakan pandangan yang sangat sempit terhadap partisipan – partisipan dalam proses komunikasi. Oleh karenanya, Wilbur Schraman (1954) mengemukakan bahwa kita juga mengamati hubungan antara seorang pengirim dan penerima. Ia mengonseptualisasikan model komunikasi interaksional yang menekankan proses komunikasi dua arah diantara para komunikator. Dengan kata lain, komunikasi berlangsung dua arah : dari pengirim kepada penerima dan dari penerima kepada pengirim. Proses melingkar ini menunjukkan bahwa komunikasi selalu berlangsung. Pandangan interaksional mengilustrasikan bahwa seseorang dapat menjadi baik pengirim maupun penerima dalam sebuah interaksi, tetapi tidak dapat menjadi keduanya sekaligus.
Pada komunikasi Interaksi (Wilbur Schramm), sumber dapat menyandi dan sasaran dapat menyandi balik pesan, berdasarkan pengalaman yang dimilikinya masing – masing. Bila kedua lingkaran memiliki wilayah bersama yang besar, maka komunikasi mudah dilakukan. Bila kedua lingkaran itu tidak bertemu artinya tidak ada pengalaman bersama – sama sehingga komunikasi tidak berlangsung. Bila wilayah yang berimpit itu kecil artinya pengalaman sumber dan pengalaman sasaran sangat jauh berbeda maka sangat sulit untuk menyampaikan makna dari seseorang kepada orang lainnya.
http://amellooows.blogspot.com/2012/12/model-komunikasi-menurut-wilbur-lang.html
 
DAFTAR PUSTAKA
Adiantho, M.A. 2009. Model Lasswell. http://komunikasiwongsolo.blogspot.com/2009/
UPI. 2007. Ilmu & Aplikasi Pendidian. Bandung : IMTIMA
Suprapto,Tommy. 2009. Pengantar Teori dan Manajemen Komunikasi. Yogyakarta : Media Pressindo.  http://books.google.co.id
http://cs1618a.blogspot.com/2012/10/model-komunikasi-menurut-wilbur-schramm.html
http://commsciproject.blogspot.com/2012/09/model-komunikasi-lasswell
http://amellooows.blogspot.com/2012/12/model-komunikasi-menurut-wilbur-lang.html


Bagi kamu yang berjiwa muda ingin tambah penghasilan sambil sekolah, kuliah atau bekerja, bisa klik disini atau klik yang ini

SUKSES buat kita semua :)))

 




No comments:

Post a Comment